Kurus Hanya Dengan Defisit Kalori??

Hai! kali ini aku akan membahas hal yang sangat penting untuk kalian ketahui jika kalian ingin diet menurunkan berat badan. 

Hal itu adalah DEFISIT KALORI. 


Mungkin hal ini masih asing bagi kalian yang baru memulai diet ya, jadi akan saya jelaskan terlebih dahulu apa itu defisit kalori. Defisit kalori singkatnya adalah keadaan dimana kita mengurangi asupan  kalori atau mengeluarkan lebih banyak kalori sehingga kalori yang kita gunakan lebih sedikit dari TDEE kita.

Baca tentang kalori & TDEE di :
Apa Itu Kalori?

Berbagai macam diet lainnya seperti diet GM, diet militer, OCD, dll pun sebenarnya menerapkan sistem defisit kalori. Jadi ya intinya jika kalian mau menurunkan berat badan, maka kalian harus dalam keadaan defisit kalori.

Kenapa demikian? Karena jika tubuh kita kekurangan kalori, maka tubuh kita akan mencari cara agar kita masih bisa beraktivitas dan salah satunya adalah dengan membakar cadangan energi yaitu LEMAK sehingga otomatis berat badan kita akan turun deh.



Tetapi harus digaris bawahi bahwa kita jangan memotong kalori terlalu banyak dari TDEE kita, karena akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya yang aku sendiri pernah merasakannya dulu.

So, sebaiknya makan makanan bergizi dan seimbang agar tubuh kita senantiasa sehat, karena tujuan dari diet kita sebenarnya adalah untuk kesehatan kita sendiri. Jangan sampai diet malah membuat kalian menjadi sakit, kurus tp sakit percuma aja kan.


Untuk mengatur kalori yang kita makan bisa menggunakan berbagai aplikasi di gadget kalian. Contohnya myfitnesspal dan fat secret, kalian bisa lebih memantau seberapa banyak yang kalian makan dalam sehari yang disertai dengan penjelasan presentasi makronutrisinya. 

Tapi tenang aja, saya rasa kalian tidak akan selamanya terus - terusan menggunakan aplikasi tersebut, lama - kelamaan kalian akan hafal rutinitas makan kalian serta kalorinya, karena biasanya kita hanya makan makanan yang mirip setiap harinya. Jadi kalian gak perlu khawatir akan terbebani.
Sampai sini dulu penjelasan hari ini. Ditunggu ya penjelasan lainnya seputar diet, jangan lupa klik tombol ikuti untuk tau update terbaru blog ini. 

Stay Healthy!

Sumber gambar : google

Tags:

Share:

0 komentar