5 Langkah Awal Memulai DIET

Kalian baru mau mulai diet? Bingung mau  mulai dari mana? Yuk dibaca 5 langkah awal memulai diet yang benar!


1. Ubah mindset
Sebelum memulai diet, pertama kita harus tau dulu apa arti diet yang sebenarnya. Banyak yang berfikir jika kita sedang diet maka kita akan kelaparan, namun perlu kalian ketahui kalau diet itu sendiri artinya adalah "pola makan" jadi kita harus merubah mindset buruk kita tentang diet dan buang pemikiran yang menganggap bahwa diet itu menyiksa dan merupakan sebuah hukuman.


Sejatinya diet adalah sebuah pola makan yang kita lakukan setiap hari dan bertahan hingga selama-lamanya, bukan merupakan pola makan ekstrim yang bertahan beberapa minggu saja.

2. Mulai secara bertahap
Setelah kita paham apa arti diet sebenarnya, langkah selanjutnya adalah mempelajari diet itu sendiri. Mulailah mengumpulkan cara-cara diet yang tepat dari berbagai sumber terpercaya. Lakukan secara bertahap hingga tubuh kita bisa menyesuaikan dengan sendirinya. Syarat untuk menurunkan berat badan adalah DEFISIT KALORI, (nanti akan saya jelaskan lebih lanjut).

Baca juga : Apa Itu Kalori?

Jadi, pada awal kalian melakukan diet janganlah melakukan defisit yang terlalu ekstrim agar tubuh kalian tidak kaget dan kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Pemotongan kalori yang terlalu ekstrim pun bisa menyebabkan berat badan kita menjadi naik turun tidak teratur dan malah tidak akan turun karena tubuh berada dalam emergency mode.

3. Pilih diet yang sesuai
Carilah pola makan yang baik dan benar dari sumber terpercaya, jangan mudah terpengaruh dan ikut2an diet yang sedang hitz dan tidak jelas dasarnya. Ingat kembali bahwa diet itu dilakukan seumur hidup, so pilihlah pola makan yang menurut kalian sesuai dengan tubuh kalian dan bisa kalian terapkan selama-lamanya.


Kalian bisa mencoba-coba terlebih dahulu manakah pola makan yang cocok untuk tubuh kalian masing-masing. Perhatikan juga makronutrisi dan mikronutrisi makanan yang kalian konsumsi agar sesuai dengan kebutuhan masing2 tubuh.

4. Konsisten
Pernah dengar orang yang berat badannya YOYO? Gampang turun, gampang juga naiknya. Nah itu salah satunya karena dia tidak konsisten dengan dietnya. Kembali lagi saya ingatkan jika diet itu dilakukan SEUMUR HIDUP, jadi kita harus senantiasa menjaga pola makan kita agar badan selalu sehat.


Diantara kalian pasti ada yang mengeluh, saya harus diet seumur hidup? Gak bisa makan enak? Gak seburuk itu kok. Diet sendiri ada untuk mempertahankan, menurunkan dan menaikkan berat badan. Jika sudah ideal kita hanya diet mempertahankan berat badan saja, jadi kalori yang masuk=kalori keluar (baca penjelasannya di Apa Itu Kalori? ). Mau makan enak? Bisa kok asal kalorinya tidak melebihi target kita.

5. Olahraga
Nah, yang terakhir adalah olahraga. Olahraga sendiri membantu meningkatkan metabolisme kita. Yang artinya jika metabolisme kita semakin cepat maka pembakaran kalori kita juga semakin bagus. Maka dari itu kita bisa menjadikan olahraga sebagai booster untuk diet kita dan juga tentunya untuk menambah kebugaran badan.
Olahraga juga penting untuk kalian yang mempunyai badan big size dan sedang diet, sehingga jika kalian sudah sampai ke berat badan ideal kalian juga mendapatkan tubuh yang ideal karena olahraga yang mengencangkan tubuh kalian.

Segitu aja dulu tahapan-tahapan untuk kalian yang baru mau memulai diet. Semoga bermanfaat;). Semangat untuk terus sehat! Body goals itu hanya bonusnya! 

Share:

0 komentar