Apa Itu Kalori?

Kalian pasti pernah melihat kata kalori pada setiap bungkus makanan. Apalagi untuk kalian yang sedang diet, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kalori. Banyak yang mengatakan "jangan makan itu deh, kalorinya tinggi banget", "jangan makan itu, ntar bikin gendut kalorinya tinggi" dan berbagai larangan lainnya yang berkaitan dengan kalori saat kalian diet. 


Karena rata-rata makanan dengan kalori yang lebih sedikit pastilah berkaitan dengan makanan yang lebih sehat dibanding dengan makanan dengan kalori yang tinggi sehingga akan mendukung program diet kalian. Tapi sebenarnya apakah arti dari kalori tersebut?





Kalori adalah satuan ukur untuk menyatakan nilai energi. Dalam konteks gizi, singkatnya kalori merupakan satuan dari energi yang kita gunakan dan dapatkan setiap harinya. Segala bentuk makanan dan minuman (kecuali ar putih dan beberapa minuman lain dengan 0 kalori) yang kita makan akan menghasilkan energi yang tubuh kita gunakan untuk beraktivitas, hal ini bisa kita katakan sebagai "KALORI MASUK".

Nah, kalori yang kita gunakan untuk beraktivitas seperti berolahraga, bekerja, berfikir, tidur, dan bahkan bernafas saja setiap harinya akan "membakar" kalori kita yang digunakan untuk "menjalankan" sistem tubuh kita, dalam konteks ini bisa kita sebut sebagai "KALORI KELUAR"



Lalu ada yang namanya TOTAL DAILY ENERGY EXPENDITURE, atau disingkat TDEE. Nah, ini merupakan total kalori (energi) yang kita butuhkan dalam sehari setelah ditambah dengan berbagai aktivitas harian. Lalu, juga ada Basal Metabolic Rate atau BMR yang akan aku jelaskan dipost yang lain jadi jangan lupa klik tombol ikuti yaa.
Kurus Hanya Dengan Defisit Kalori?


Untuk kalian yang ingin diet ada beberapa poin penting sebelum memulainya. Intinya dalam setiap diet itu dasarnya adalah pengaturan KALORI. Aku bakal jelasin singkatnya dibawah yaa.
  1. Kalau kalian makan dengan kalori dibawah TDEE kalian apalagi dengan menambah aktivitas serta olahraga sehingga kalian berada dalam DEFISIT KALORI maka berat badan kamu akan turun karena lemak tubuh akan digunakan sebagai ganti untuk menghasilkan energi yang kurang.
  2. Lalu jika jumlah kalori yang kamu makan setiap hari sama dengan jumlah kalori yang kamu keluarkan, maka berat badan kamu akan tetap.
  3. Jika kamu makan dengan jumlah kalori yang lebih banyak dari TDEE kalian dan kurang gerak atau olahraga, maka berat badan kamu akan naik. Hal ini disebabkan karena sisa kalori yang tidak digunakan akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, antara lain faktor usia, kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas. Untuk itu kalian perlu tau berapa kalori yang dibutuhkan tubuh kalian (TDEE) agar diet lebih mudah dijalani, kalian bisa cari digoogle dengan keywords "calori calculator" atau langsung aja ke link untuk mengetahui TDEE kalian, tinggal isi usia, tinggi, dan berat badan kalian saja lalu nanti akan langsung keluar hasilnya. Ingat! sebaiknya jangan memotong kalori kalian terlalu banyak dari TDEE kalian, cukup potong 200kal - 400kal saja karena akan berakibat buruk untuk tubuh kalian.

Nah, sekarang kan kalian sudah tau dasarnya diet.

Baca juga :5 Langkah Awal Memulai Diet

Lalu bagaimana menghitung kalori dari makanan yang kita makan??. Kalian bisa menggunakan aplikasi di playstore, contohnya myfitnessfal dan fat secret. Nah untuk pemula sebaiknya gunakan fat secret saja. Masih bingung pakai aplikasinya? ditunggu yaa post aku tentang bagaimana cara menghitung kalori makanan.

Sampai disini dulu yaa. Stay Healthy! babay!

Share:

0 komentar