Penyebab Kamu Gagal Diet dan Tips Mengatasinya!

Hai! kalian udah coba diet tapi masih sering gagal? Atau udah berhasil tapi balik lagi ke bb awal? Mungkin kalian masih melakukan 5 hal ini! Yuk dicek apa aja penyebab kalian gagal diet dan cara mengatasinya!


1. Menganggap diet sebagai hukuman

Banyak orang yang mengeluh sedang diet dan merasa kelaparan. Hal itu karena mereka melakukan diet yang terlalu ekstrim sehingga terasa seperti hukuman yang menghantui mereka. Hal ini tentu saja salah, jika diet kita benar maka kita tidak akan merasa seperti orang yang sedang "diet" dan akan merasa enjoy dengan diet yang kita alani.

Baca penjelasannya di: 5 Langkah Awal Memulai Diet


Karena diet yang tidak sehat itu maka akan membuat kalian akan berhenti ditengah jalan karena menganggap yang sedang kalian lakukan itu merupakan sebuah hukuman untuk diri kalian. Ubahlah mindset yang menganggap diet sebagai hal yang ditakuti dan sebaiknya jadikanlah diet itu sendiri sebagai lifestyle kalian.

2. Pola diet yang melarang makanan tertentu

Ada beberapa pola diet yang melarang makanan tertentu. Memang pada dasarnya hal yang dilarang tersebut biasanya memiliki kalori yang tinggi serta tidak sehat. Namun jika terus-terusan dilarang, kita akan merasa craving. Sangat menginginkan makanan tersebut. Hingga kemudian tergoda untuk makan dengan porsi yang tidak wajar. Balas dendam terhadap larangan tersebut. Hal ini tentu akan menyebabkan kalori harian kalian tidak terkontrol karena perasaan yang sangat menginginkan makanan tersebut.


Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menerapkan flexible diet yang dimana pada pola ini kita dianjurkan untuk mengkombinasikan makanan kita dengan baik. Tidak apa-apa jika dalam satu hari misalnya keluarga kalian membawakan martabak yang enak lalu kalian memakannya. Asal kalian harus ingat PORSINYA (1 potong martabak manis memiliki kalori sekitar 200an). Kalian tidak akan gendut seketika jika dalam satu hari masih dalam keadaan defisit kalori.

Baca penjelasannya di: Kurus Hanya Dengan Defisit Kalori

3. Tidak konsisten

Kita sering sekali tidak konsisten dengan diet yang kita jalani. Karena akhir-akhir ini ramai sekali berbagai diet dengan waktu yang singkat, lalu setelah itu kita berhenti mengatur pola makan kita. Hal ini tentu kurang worth untuk dilakukan karena biasanya setelah berhenti diet berat badan kita akan kembali seperti semula bahkan lebih dalam waktu yang singkat.


Kita harus konsisten dalam melakukan diet, karena diet yang baik adalah diet yang bisa dilakukan seumur hidup. Jika kalian khilaf dan merasa sudah makan lewat dari kalori kalian banyak sekali, maka jangan langsung putus asa. Back on track aja! Sabar dan nikmati proses demi tubuh yang lebih sehat.

4. Cemilan yang terlalu banyak

Kita kadang merasa sudah makan dengan porsi yang pas setiap harinya. Tapi berat badan tak kunjung turun juga. Itu bisa jadi karena kalian nyemil terlalu banyak. Disadari atau tidak biasanya cemilan-cemilan kecil memiliki kalori yang cukup besar dan hampir menyamai makanan pokok. Banyak orang yang sudah berhenti makan nasi karena menyalahkan nasi sebagai penyebab kegendutannya, tetapi masih makan gorengan 5 biji. Yah, sama aja dong kalorinya, mungkin malah lebih banyak.


Kalian bisa mengatasinya dengan memakan buah-buahan sebagai cemilan kalian. Berikan waktu antara sarapan dan makan siang serta pada sore hari untuk kalian nyemil sehingga kalian sudah puas dan tidak ingin nyemil makanan tinggi kalori lainnya.

5. Kurang berolahraga


Nah, jika kalian sudah melakukan semua hal diatas tapi berat badan tak kunjung turun. Mungkin kalian memerlukan olahraga yang lebih. Karena dengan olahraga maka kita akan mendapatkan deifisit yang lebih besar. Selain itu juga tentu membuat tubuh kita sehat dan bugar. Olahraga dengan menggunakan beban pun dapat membantu pembentukan otot yang dimana akan membantu meningkatkan metabolisme kita sehingga pembakaran kalori akan menjadi lebih cepat.

Baca juga:  Apa Itu Kalori?

Itu dia 5 penyebab kalian yang sering gagal diet dan tips-tips untuk mengatasinya. Jangan menyerah. Nikmati prosesnya. Stay Healthy!

Sumber gambar: Google

Share:

0 komentar